Sunday, May 6, 2018

Dampak Teknologi (informasi) Bagi Kehidupan




Saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat. Mulai dari abad 19, peneliti di seluruh dunia berlomba-lomba dalam kemajuan teknologi. Hampir semua pekerjaan manusia terbantu dengan penemuan teknologi yang ada, namun juga tidak sedikit kerugian dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Oleh karena itu perkembangan teknologi bagaikan dua mata pisau, dilain sisi bisa berdampak  negative dan juga dapat berdampak positif untuk etika manusia. Berikut dampak negative dan positif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap etika.

1. Dapak negative perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap etika manusia :

– Munculnya perilaku individualism dan egois

Semakin tergantungnya akan informasi teknologi, maka jiwa sosialnya akan berkurang. Misalnya saja orang akan lebih senang bermain media sosial dari pada mengikuti kegiatan sosial atau ibadah. Semisal contoh waktu kita menunggu sesuatu disebuah tempat umum, boarding pesawat, di halte, di apotik, semisal. Dulu kita saling bertegur sapa dengan hanya sekedar kalimat “ mau kemana, nunggu ya “ atau apapun yang bisa menjadikan masing masing individu saling berkomunikasi. Tapi sekarang, kita sibuk dengan gadget kita. Jangankan saling bertegur, melirik aja mungkin tidak.

– Manusia malas melakukan aktifitas yang bermanfaat

Kebanyakan manusia malas untuk melakukan aktifitas. Meraka cenderung bermalas-malasan dengan memainkan game/computer sampai larut malam. Bahkan untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah terasa malas untuk dilakukan.

– Penyalahgunaan untuk tindakan kriminal secara online

Pada akhir-akhir ini banyak terjadi penculikan anak melalaui media sosial. Banyak modus yang digunakan sehingga korban merasa percaya dan melakukan pertemuan bahkan kepada orang yang belum dikenal.

– Pencurian keuangan nasabah bank

Pada akhir-akhir ini marak sekali pencurian uang milik nasabah. Para pembobol menggunakan teknologi informasi untuk membobol uang milik nasabah bank tersebut

 2. Dapak positif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap etika manusia

– Mempererat hubungan persaudaraan antar teman, saudara atau keluarga

Dengan adanya media social ataupun alat komunikasi lainnya menjadikan manusia mudah dalam berkomunikasi dengan teman, saudara atau keluarga. Pada kasus ini jarak bukanlah kendala yang besar, beda nrgarapun bisa saling menyapa dan mengetahui hal-hal penting keluarga, teman atau saudara.

– Membentuk karakter kreatif dan inovatf

Perkembangan teknologi informasi menjdaikan manusia berfikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan hal-hal baru yang menarik hati konsumen. Teknologi informasi berusah dirancang dengan menarik, efisien dan meringankan pekerjaan manusia.

– Membentuk karakter cerdas dan berwawasan

Tidak dapat dipunkiri lagi, dengan perkembangan internet saat ini sangat membantu manusi uintuk memperoleh informasi. Di dalam internet terdapat banyak sekali informasi yang bermanfaat khususnya yang menjadikan manusia cerdas dan berwawasan luas. Bahkan pengetahuan Negara lain pun dapat diketahui tanpa kita perlu ke sana.

– Membentuk jiwa entrepreneurship

Dengan berkembangnya tekknologi saat ini, sangat memungkinkan untuk terbentuk lapangan pekerjaan. Banyak sekali peluang bisnis yang sangat mempermudah dan efisisnsi waktu dan tenaga. Terautam dengan memanfaatkan fasilitas internet. (efendisblog)

0 comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com